Selasa, 27 Desember 2011

K.E.B.A.Y.A

Menurut Wikipedia tentang Kebaya :

Kebaya adalah blus tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia yang terbuat dari bahan tipis yang dikenakan dengan sarungbatik, atau pakaian rajutan tradisional lainnya seperti songket dengan motif warna-warni.
Asal kata kebaya berasal dari kata arab abaya yang berarti pakaian. Dipercaya kebaya berasal dari Tiongkok[rujukan?] ratusan tahun yang lalu. Lalu menyebar keMalakaJawaBaliSumatera, dan Sulawesi. Setelah akulturasi yang berlangsung ratusan tahun, pakaian itu diterima di budaya dan norma setempat.
Sebelum 1600, di Pulau Jawa, kebaya adalah pakaian yang hanya dikenakan keluarga kerajaan di sana. Selama masa kendali Belanda di pulau itu, wanita-wanita Eropa mulai mengenakan kebaya sebagai pakaian resmi. Selama masa ini, kebaya diubah dari hanya menggunakan barang tenunan mori menggunakan sutera dengan sulaman warna-warni.
Pakaian yang mirip yang disebut "nyonya kebaya" diciptakan pertama kali oleh orang-orang Peranakan dari Melaka. Mereka mengenakannya dengan sarung dan sepatu cantik bermanik-manik yang disebut "kasut manek". Kini, nyonya kebaya sedang mengalami pembaharuan, dan juga terkenal di antara wanita non-Asia.
Terpisah dari kebaya tradisional, perancang mode sedang mencari cara memodifikasi desain dan membuat kebaya menjadi pakaian yang lebih modern. Kebaya yang dimodifikasi itu malah bisa dikenakan dengan jins atau rok.

Kalau menurut saya pribadi, Kebaya itu Fashion Indonesia, yang sangat unik, manis, elegan, glamour, eksotik. Setiap wanita, baik dari yang muda maupun sampai yang tua, ketika menggunakan Kebaya, akan terlihat perfomance yang amazing. And that's my opinion about Kebaya.
Memang penggunaan Kebaya pada acara tertentu saja. Ga' mungkin kalau waktu tidur kita menggunakan Kebaya ya. Itu pada jaman sekarang. Jaman dulu tetap menggunakan Kebaya, tapi bahannya yang berbeda. Saya bisa bilang demikian, karena saya teringat alm. Nenek saya. Dulu waktu saya kecil, sekitar umur 6 tahun, sering menginap tempat nenek saya, dan beliau menggunakan kebaya yang model jaman dulu dengan bahan tipis tanpa stagen untuk tidur.
Seperti ini (model adalah orang lain, bukan nenek saya ^^ )

Tapi sekarang, seiring jaman, para designer lebih membungkus Kebaya dengan lebih manis, indah, faboulus, amazing deh pokoknya ^^
Dari bahan broklat, tile, paris, dll which is i've never know what the name of textile hehehhehe.... yang semuanya itu membuat Kebaya lebih "kaya".
Wanita2 aka tampil lebih cantik dan benar2 bisa menjadi diri mereka. Senangnya menggunakan Kebaya. Dan melihat Kebaya ^^

Designer Kebaya yg paling aku suka adalah Anne Avantie. She's really adorable ^^
Pribadi nya yang sederhana, cantik, halus, tegas, baik, dan..... Karya nya, so.......inspirate and georgeus ^^
Seluruh karyanya menurut saya, menonjolkan sisi wanita, glamour, beautifull, manis, indah, sexy, unik, begitu Indonesia ^^
Saya sendiri bahkan tidak bisa mengutarakan begitu dhasyatnya karya2nya Anne Avantie, meski saya tdak mengenal beliau secara pribadi ^^

Karya Anne Avantie
















































And here's My Wedding Kebaya ^^
Warna pink, my fav colours hehehehhe... ^^
Beli bahan di Solo, H -2 bln. Karena pada waktu itu rencana awal, sewa aja. Karena buat pasti jatuhnya mahal. Trus kita survei dong untuk dapat sewa kebaya yang bagus tapi harga terjangkau.
Jean's Bridal-Salatiga, tempat pertama kita survei untuk Kebaya nya. But, goshhhh.....too expensive.
Girda Boutique-Salatiga, tempat kedua yang kita datangi. Disini aku dapat yang aku suka. payetannya banyak...bagus deh ^^ Yah, utk budget sih masuk. Tinggal laporan ama ortu hihihihihihi.......
Greece Boutique-Salatiga, tempat ketiga. Kebaya2nya sih bagus-bagus. Tapi,......sama dengan yang pertama, too expensive ^^
 Dan tiba-tiba aja Papa ngajak kita berdua ke Solo, trus beli bahan disana. Dan that's the surprise for me. Makasih banyak Papa ^^
Disitu, kita ketemu designer juga, Galerinya di Solo. Sayang identitasnya kita ga boleh tau....baik ya?? hehehehe.... Puji Tuhan. Designer itu memberi tips dan trik untuk aku. Apalagi masalah warna kebaya, utk paduan bunga2annya, mote-motenya, paduan warna furing nya. Wah,....diberkati lah hehehehehehe.... ^^
Dan akhirnya dapat sudah deh bahannya. Kemudian aku langsung bawa deh ke penjahitku.......time is running waktu itu hihihihihihi.....
Modelnya itu  pake ekor panjang hehehehehe.... ^^
Foto aslinya nyusul ya.... ^^ 
 
 Suka deh dengan kebaya.....aku ada beberapa foto yang pake Kebaya, tapi bukan yang wah kaya diatas, karena pemberian, jadi harus dihargai ^^
Oiya, Kebaya impian pingin model seperti apa? Ini dia:
 warnanya suka deh...^^

model dan warna love it ^^  tapi ga mungkin pake model bawahan seperti itu, karena aku pasti tambah keliatan melar......... hhihihiihihii....^^

warna dan model bawahannya aku suka banget.........elegan......^^

yup, model bagian dada nya keren. warnanya itu lho............macan.........^^

 all of it deh.....maniss....glamour ^^
 
 Wikan Radityo, S.P. dan Cindy Bunga Ratna Greece, S.T.
08 November 2008 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar